Blog

Ini Dia 7 Tahapan Membuat Website, Pemula Tidak Perlu Bingung

7 tahapan membuat website ini penting untuk kamu pelajari terlebih dahulu. Saat ini keberadaan website tentu sangat dibutuhkan banyak orang, terutama para pelaku bisnis. Sehingga tak heran jika ada banyak orang yang mulai terjun dalam bidang tersebut. Nah, jika kamu juga tertarik untuk membuat website tersebut, berikut ini ada beberapa tahapan yang bisa kamu perhatikan.

Ini Dia 7 Tahapan Membuat Website, Pemula Tidak Perlu Bingung
pixels.com

7 Tahapan Membuat Website untuk Pemula

Sebagai pemula, tentunya masih sedikit kebingungan mengenai bagaimana cara membuat website yang tepat. Nah, kamu tidak perlu khawatir mengenai hal tersebut, karena berikut ini ada beberapa tahapan yang bisa diterapkan. Untuk itu, langsung saja simak 7 tahapan membuat website berikut ini.

1. Mencari Ide Terlebih Dahulu

Tahapan pertama yang perlu kamu lakukan yaitu dengan mencari ide website terlebih dahulu. Kamu perlu menetapkan tujuan dari website yang ingin kamu buat. Jika sudah, kamu juga perlu menentukan sasaran pemasaran dari website yang kamu buat tersebut sesuai bidangnya.

2. Perencanaan

Apabila sudah mendapatkan ide, langkah berikutnya kamu perlu menyusun rencana dalam pembuatan website tersebut. Perencanaan tersebut dapat berupa cara mengumpulkan data untuk isi website, memikirkan desain, memilih konten, serta menentukan fitur-fitur maupun spesifikasinya.

3. Perancangan Desain

Tahapan berikutnya yaitu masuk ke dalam perancangan desain. Nah, dalam tahapan ini, kamu perlu menuangkan ide-ide kreatif untuk membuat tampilan website menjadi menarik. Di dalam perancangan desain, kamu perlu mulai mengatur bagian layout, which spasi, jenis huruf, aspek visual, dan lain sebagainya.

4. Pengembangan

Tahap pengembangan ini menjadi hal yang perlu kamu lakukan untuk lebih memaksimalkan lagi website tersebut. Dalam tahapan pengembangan ini ada beberapa hal yang perlu dilakukan. Diantaranya yaitu Content Management System (CMS).

CMS ini nantinya berisi tentang tempat yang akan mengelola isi halaman website kamu. Selain itu, ada beberapa hal lainnya seperti standar website, bahasa pemrograman, database, keamanan, optimasi website, dan lain sebagainya. Semua hal-hal tersebut perlu kamu kembangkan lagi untuk mencapai hasil website yang sempurna. Sehingga hal tersebut sangat penting untuk diteliti lagi.

5. Peluncuran (Launching)

Apabila semua tahapan sebelumnya sudah kamu lakukan, maka berikutnya yaitu proses peluncuran. Dalam tahapan ini, kamu juga perlu melakukan beberapa hal. Pertama silahkan uji coba website yang telah kamu buat terlebih dahulu.

Setelah itu, coba lakukan pengiriman untuk memverifikasi kode, database, maupun aset lainnya. Selanjutnya, kamu juga perlu melakukan latihan untuk mengunggah website. Dalam pelatihan ini, kamu perlu mempelajari mengenai bagaimana cara supaya website yang kamu kerjakan dapat dengan mudah diakses khalayak umum.

6. Promosi

Tahapan berikutnya yaitu kamu juga perlu melakukan promosi untuk menarik banyak klien atau khalayak umum. Semakin menarik metode promosi yang kamu jalankan, maka semakin banyak juga orang yang ingin bekerja sama denganmu. Maka dari itu, kamu harus pintar dalam mengatur strateginya.

7. Pemeliharaan

Tahapan terpenting jika kamu sudah berhasil menjalankan website yaitu pemeliharaan. Hal tersebut guna untuk menjaga stabilitas website supaya tetap terjaga. Nah, dalam tahapan ini ada beberapa hal yang perlu kamu lakukan. Mulai dari support dan troubleshoot, konten website, aksesibilitas, peningkatan SEO, dan lain sebagainya.

Nah, itulah 7 tahapan membuat website yang perlu kamu perhatikan. Dengan serangkaian tersebut, tentunya bisa menjadi gambaran untuk kamu terapkan ketika sudah tertarik untuk memulai membuat website.