Blog

3 Pilihan CMS Gratis Untuk Membuat Sebuah Website (WordPress, Joomla, Drupal)

3 pilihan CMS gratis untuk membuat sebuah website ini cocok untuk dijadikan pertimbangan yang tepat. Seperti yang kita ketahui, CMS menjadi salah satu sistem untuk membantu dalam mempublish maupun mengelola konten web secara intuitif.

Dalam artian lain, CMS ini bisa dibilang text editor yang dapat digunakan untuk memposting artikel secara langsung ke website kamu. Nah, dalam pemilihan CMS tentunya harus melihat kriteria serta kualitasnya terlebih dahulu. Untuk itu, berikut ini ada 3 daftar CMS gratis terbaik yang bisa kamu jadikan pertimbangan.

3 Pilihan CMS Gratis Untuk Membuat Sebuah Website
pixabay.com

3 Pilihan CMS Gratis Untuk Membuat Sebuah Website

Pada umumnya, CMS ini mempunyai peran penting dalam pembuatan website. Platform tersebut menawarkan banyak kemudahan, mulai dari proses instalasi, pembuatan website, hingga maintenance. Tak hanya itu saja, CMS juga menawarkan fitur-fitur tambahan maupun desain yang beragam dan menarik.

Nah, melihat pentingnya peran CMS tersebut, tentunya kita juga perlu memperhatikan dalam pemilihan platform tersebut. Untuk itu, berikut ini ada beberapa CMS gratis dan terbaik.

1. WordPress

WordPress menjadi salah satu CMS website terbaik serta banyak digunakan orang-orang. CMS ini bersifat open source alias dapat diakses semua orang yang menggunakan source code serta mengembangkan aplikasi sendiri.

WordPress juga mempunyai berbagai plugin yang berfungsi sebagai pengelola website seperti backup konten otomatis, mengubah tampilan website, dan lain sebagainya. CMS ini juga mempunyai banyak keunggulan yaitu sebagai berikut.

  1. Official direktori plugin serta tema dari WordPress mempunyai banyak pilihan.
  2. Terdapat dua pilihan editor yang bisa digunakan untuk memudahkan pengguna dalam pembuatan website.
  3. Alat plugin yang digunakan sudah ramah SEO, sehingga dapat membantu meningkatkan rangking pada SERPs.
  4. Memberikan opsi publishing serta manajemen konten yang intuitif.
  5. Mempunyai komunitas yang besar serta juga menjadi platform CMS gratis.

2. Joomla

Platform CMS terbaik berikutnya yaitu Joomla. Nah, CMS yang satu ini sangat cocok untuk digunakan dalam pembuatan website toko online. Selain itu, Joomla juga menjadi pilihan yang tepat jika kamu ingin mengelola website yang tidak hanya berfokus pada konten teks.

CMS ini juga mempunyai banyak aspek yang lebih fleksibel. Opsi yang dari platform ini juga sangat beragam dan terkait mengenai pengelolaan serta manajemen user. Joomla ini juga memberi bantungan multibahasa, sehingga pengguna tidak harus menginstall plugin atau menambah eksistensi dalam penambahan bahasa ke situs.

Tak hanya itu saja, ada beberapa keunggulan yang lainnya, yakni sebagai berikut ini.

  1. Terdapat sistem manajemen user yang akan mempermudah pengguna dalam mengelola konten.
  2. Menawarkan support yang sudah optimal untuk custom post types.
  3. Menyajikan templat yang menarik dalam setiap tipe halaman serta juga rubuan kompenen dn adds-ons.
  4. Sudah termasuk ramah SEO, sehingga tidak harus mengunduh add-on maupun eksistensi lainnya.
  5. Menawarkan support multibahasa.

3. Drupal

Walaupun tidak sepopuler WordPress dan Joomla, Drupal ini juga menjadi salah satu CMS terbaik. CMS ini menawarkan sistem yang terbilang fleksibel dalam mengelola custom post type. Selain itu, Drupal juga memberi tingkat lanjut bagi pengguna terhadap user serta permissionnya.

Drupal juga mempunyai potensi yang lebih besar dalam pembuatan website dengan kompleksitas tinggi, jumlah konten, serta traffic yang banyak. Tak hanya itu saja, platform ini juga memberi banyak keunggulan, yakni sebagai berikut ini.

  1. Menyajikan pembuatan custom post serta sistem manajemen yang fleksibel.
  2. Menawarkan Mobile-responsive tanpa harus melakukan konfigurasi tambahan pada platform.
  3. Terdapat banyak fitur maupun alat yang bisa digunakan dalam melakukan manajemen konten.
  4. Menawarkan fitur Multi-language yang mempermudah pengguna dalam menyajikan beragam bahasa.
  5. Mempunyai sistem taksonomi yang sudah mendetail.

Jadi itulah 3 pilihan CMS gratis untuk membuat sebuah website yang bisa kamu jadikan pilihan. Serangkaian CMS tersebut dapat kamu gunakan untuk membuat website sederhana hingga kompleks. Nah, dalam pemilihan CMS tersebut, tentunya kamu juga harus menyesuaikan dengan kebutuhan saja.